Komputer Backgammon

backgammon

Lawan komputer kuat pertama adalah BKG 9.8. Itu diprogram oleh Hans Berliner pada akhir 1970-an pada PDP-10 sebagai eksperimen dalam mengevaluasi posisi dewan. Versi awal BKG bermain buruk bahkan melawan pemain yang buruk, tetapi Berliner memperhatikan bahwa kesalahan kritis yang dibuat program selalu terjadi pada perubahan fase. Dia menerapkan prinsip dasar logika fuzzy untuk memuluskan transisi antara perubahan fase, dan pada Juli 1979, BKG 9.8 siap untuk bermain melawan juara dunia Luigi Villa saat itu. Ia memenangkan pertandingan, 7-1, menjadi program komputer pertama yang mengalahkan juara dunia dalam permainan apapun, meskipun ini sebagian besar adalah masalah keberuntungan, karena komputer kebetulan mendapatkan gulungan dadu yang lebih baik daripada lawannya dalam pertandingan itu.

Dimulai pada akhir 1980-an, pencipta perangkat lunak yang memainkan backgammon mulai lebih sukses  di http://112.140.185.8/daftar-judi-online/dengan pendekatan jaringan saraf. TD-Gammon, yang dikembangkan oleh Gerald Tesauro dari IBM, adalah yang pertama dari program komputer ini yang dimainkan pada atau mendekati level ahli. Jaringan saraf program ini dilatih menggunakan pembelajaran Perbedaan Waktu yang diterapkan pada data yang dihasilkan dari permainan mandiri.

Garis penelitian ini telah menghasilkan dua program komersial modern, Jellyfish dan Snowie, shareware BGBlitz (diterapkan di Java), dan perangkat lunak bebas GNU Backgammon, yang bermain setara dengan pemain manusia terbaik di dunia. Perlu dicatat bahwa tanpa tabel “bobot” terkait yang mewakili berjam-jam atau bahkan berbulan-bulan pelatihan jaringan saraf yang membosankan, program-program ini bermain tidak lebih baik daripada anak manusia.

Menarik untuk membandingkan pengembangan perangkat lunak backgammon dengan perangkat lunak catur:

Untuk backgammon, jaringan saraf bekerja lebih baik daripada metode lain sejauh ini. Untuk catur, penelusuran brute force, dengan pemangkasan canggih dan penyempurnaan lainnya, bekerja lebih baik daripada jaringan neural.

Setiap kemajuan dalam kekuatan perangkat keras komputer telah meningkatkan kekuatan program catur secara signifikan. Sebaliknya, daya komputasi tambahan tampaknya hanya sedikit meningkatkan kekuatan perangkat lunak backgammon.

Untuk backgammon dan catur, saat ini tidak jelas apakah komputer terbaik atau manusia terbaik secara keseluruhan. Untuk sebagian besar game lainnya, satu atau lainnya jelas lebih kuat.

No comments yet

leave a comment

*

*

*